A. Pendahuluan.
Sebagaimana diketahui, manusia adalah makhluk sosial, yaitu makhluk yang selalu membutuhkan sesamanya dalam kehidupannya sehari-hari. Oleh karena itu tidak dapat dihindari bahwa manusia harus selalu berhubungan dengan manusia lainnya. Hubungan manusia dengan manusia lainnya, atau hubungan manusia dengan kelompok, atau hubungan kelompok dengan kelompok inilah yang disebut sebagai interàksi sosial.
Banyak pakar menilai bahwa komunikasi adalah suatu kebutuhan yang
sangat fundamental bagi seseorang dalam hidup bermasyarakat. Profesor Wilbur Schramm menyebutnya bahwa komunikasi dan masyarakat adalah dua kata kembar yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Sebab tanpa komunikasi tidak mungkin masyarakat terbentuk, sebaliknya tanpa masyarakat maka manusia tidak mungkin dapat mengembangkan komunikasi (Schramm; 1982)
Apa yang mendorong manusia sehingga ingin berkomunikasi dengan manusia lainnya. Teori dasar Biologi menyebut adanya dua kebutuhan, yakni kebutuhanuntük mempertahankan kelangsungan hidupnya dan kebutuhan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
Narold D. Lasswell salah seorang peletak dasar ilmu komunikasi lewat ilmu politik menyebut tiga fungsi dasar yang menjadi penyebab, mengapa manusia perlu berkomunikasi:
Pertama, adalah hasrat manusia untuk mengontrol lingkungannya. Melalui komunikasi manusia dapat mengetahui peluang-peluang yang ada untuk dimanfaatkan, dipelihara dan menghindar pada hal-hal yang mengancam alam sekitamya. Melalui komunikasi manusia dapat mengetahui suatu kejadian atau peristiwa. Bahkan melalui komunikasi manusia dapat mengembangkan pengetahuannya, yakni belajar dan pengalamannya, maupun melalui informasi yang mereka terima dari lingkungan sekitarnya.
Kedua, adalah upaya manusia untuk dapat beradaptasi dengan lingkungannya. Proses kelanjutan suatu masyarakat Sesungguhnya tergantung bagaimana masyarakat itu bisa beradaptasi dengan lingkungannya. Penyesuaian di sini bukan saja terletak pada kemampuan manusia memberi tanggapan terhadap gejala alam seperti banjir, gempa bumi dan musim yang mempengaruhi perilaku manusia, tetapi juga lingkungan masyarakat tempat manusia hidup dalam tantangan. Dalam lingkungan seperti ini diperlukan penyesuaian, agar manusia dapat hidup dalam suasana yang harmonis.
Ketiga, adalah upaya untuk melakukan transformasi warisan sosialisasi. Suatu masyarakat yang ingin mempertahankan keberadaannya, maka anggota masyarakatnya dituntut untuk melakukan pertukaran nilai, perilaku, dan peranan. Misalnya bagaimana orang tua mengajarkan tatakrama bermasyarakat yang baik kepada anak-anaknya. Bagaimana sekolah difungsikan untuk mendidik warga negara Bagaimana media
Ketiga fungsi ini menjadi patokan dasar bagi setiap individu dalam berhubungan dengan sesama anggota masyarakat. Profesor David K. Berlo dari
Jadi komunikasi jelas tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan umat manusia, baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat. Ia diperlukan untuk mengatur tatakrama pergaulan antarmanusia, sebab berkomunikasi dengan baik akan memberi pengaruh langsung pada struktur keseimbangan seseorang dalam bermasyarakat, apakah ia seorang dokter, dosen, manajer, pedagang, pramugari, pemuka agama, penyuluh lapangan, pramuniaga dan lain sebagainya. Pendek kata, sekarang ini keberhasilan dan kegagalan seseorang dalam mencapai sesuatu yang diinginkan termasuk karir mereka, banyak ditentukan oleh kemampuannya berkomunikasi..
B. Pengertian.
Salah satu persoalan di dalam memberi pengertian komunikasi, yakni banyaknya definisi yang telah dibuat oleh para pakar menurut bidang ilmunya. Hal ini disebabkan karena banyaknya disiplin ilmu yang telah memberi masukan terhadap perkembangan ilmu komunikasi, misalnya psikologi, sosiologi, antropologi, ilmu politik, ilmu manajemen, linguistik, matematika, ilmu elektronika, dan lain sebagainya.
Carl I. Hovland dari Universitas Yale misalnya mempelajari komunikasi dalam hubungannya dengan perubahan sikap manusia. Charles F. Osgood di Universitas
Sebuah definisi yang dibuat oleh kelompok sarjana komunikasi yang mengkhususkan din pada studi komunikasi antarmanusia (human communication) bahwa:
‘Komunikasi adalah suatu transaksi proses simbolik yang menghendaki orang-orang mengatur lingkungannya dengan :
membangun hubungan antarsesama manusia
melalui pertukaran informasi
untuk menguatkan sikap dan tingkah laku orang lain
serta berusaha mengubah sikap dan tingkah laku itu’.
(Book, 1980).
Everett M. Rogers seorang pakar Sosiologi Pedesaan Amerika yang telah banyak memberi perhatian pada studi riset komunikasi, khususnya dalam hal penyebaran inovasi membuat definisi bahwa:
‘Komunikasi adalah proses di mana suatu ide dialihkan dari sumber kepada satu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka’.
Definisi ini kemudian dikembangkan oleh Rogers bersama D. Lawrence Kincaid (1981) sehingga melahirkan suatu definisi baru yang menyatakan bahwa:
“Komunikasi adalah suatu proses di mana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya, yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam”.
C. Elemen-elemen komunikasi.
Aristoteles, ahli filsafat Yunani Kuno dalam bukunya Rhetorica menyebut bahwa suatu proses komunikasi memerlukan tiga unsur yang mendukungnya, yakni siapa yang berbicara, apa yang dibicarakan dan siapa yang mendengarkan. Pandangan Aristoteles ini oleh sebagian besar pakar komunikasi dinilai lebih tepat untuk mendukung suatu proses komunikasi publik dalam bentuk pidato atau retorika. Hal ini bisa dimengerti, karena pada zaman Aristoteles retorika menjadi bentuk komunikasi yang sangat populer bagi masyarakat Yunani.
Claude E. Shannon dan Warren Weaver (1949), dua orang insinyur listrik menyatakan bahwa terjadinya proses komunikasi memerlukan
Meski pandangan Shannon dan Weaver pada dasarnya berasal dan pemikiran proses komunikasi elektronika tetapi para sarjana yang muncul di belakangnya mencoba menerapkannya dalam proses komunikasi antarmanusia seperti yang dilakukan oleh Miller dan Cherry (Schramm; 1971).
Perkembangan terakhir adalah munculnya pandangan dari Joseph de Vito, K. Sereno dan Erika Vora yang menilai faktor lingkungan merupakan unsur yang tidak kalah pentingnya dalam mendukung terjadinya proses komunikasi. Elemen-elemen komunikasi :
a. Sumber
Semua peristiwa komunikasi akan melibatkan sumber sebagai pembuat atau pengirim informasi. Dalam komunikasi antarmanusia, sumber bisa terdiri dan satu orang, tetapi bisa juga dalam bentuk kelompok misalnya partai, organisasi atau lembaga. Sumber sering disebut pengirim, komunikator atau dalam bahasa Inggrisnya disebut source, sender atau encoder.
Seringkali dalam berkomunikasi, komunikator itu dipandang bukan isi pesannya yang diperhatikan oleh masyarakat, tapi “siapa dia” atau “sebagai apa” dia yang menyampaikan pesan tersebut. Ini berkaitan erat dengan kredibilitas (credibility) yang melekat pada diri seseorang.
Hovland dan Weiss menyebutkan bahwa kredibilitas dari seseorang terdiri dari dua unsur:
expertise (keahlian)
trustworthiness (dapat dipercaya)
Tapi kita tidak bisa melupakan faktor lain yang selalu mengikuti kredibilitas sehingga lebih efektif yailu faktor atraksi komunikator (Source attractiveness) dan kekuasaan (source power).
Menurut Herbert C, Kelman, komuinikasi yang kita lakukan akan mempengaruhi tiga hal pada orang lain: internalisasi (intemalization) karena sesuai dengan sistem nilai yang dimilikinya, identifikasi (identification) karena berhubungan dengan sesuatu yang memberikan kepuasan sehingga memperjelas konsep dirinya, dan ketundukan / kepatuhan (compliance) karena herharap mendapatkan reaksi yang menyenangkan dari kornunikasi tersebut.
Oleh karena itu penting bagi seorang komunikator untuk bisa “menunjukkan” dirinya terlebih dahulu sebelum melakukan komunikasi. Untuk dapat menunjukkan diri perlu persiapan yang sangat matang terutama persiapan secara inteligensia dan pengetahuan yang amat matang
b. Pesan
Pesan yang dimaksud dalam proses komunikasi adalah Sesuatu yang disampaikan pengirim kepada penerima. Pesan dapat disampaikan dengan cara tatap muka atau melalui media komunikasi. Isinya bisa berupa ilmu pengetahuan, hiburan, informasi, nasihat atau propaganda. Dalam bahasa Inggnis pesan biasanya diterjemahkan dengan kata message, content atau information.
Supaya komunikasi sesuai dengan yang diharapkan,maka materi pesan harus jelas terutama dari segi bahasanya, agar terdapat kesamaan persepsi, kesamaan arti sehingga memudahkan terjadinya proses komunikasi.
c. Media
Media yang dimaksud di sini ialah alat yang digunakan untuk memindahkan pesan dan sumber kepada penerima. Terdapat beberapa pendapat mengenai saluran atau media.
Selain indera manusia, ada juga saluran- komunikasi seperti telepon,
Dalam komunikasi
Media cetak seperti halnya
Berkat perkembangan teknologi komunikasi khususnya di bidang komunikasi massa elektronik yang begitu cepat, maka media massa elektronik makin banyak bentuknya, dan makin mengaburkan batas-batas untuk membedakan antara media komunikasi massa dan komunikasi antarpribadi. Hal ini disebabkan karena makin canggihnya media komunikasi itu sendiri yang bisa dikombinasikan (multi-media) antara satu sama lainnya
d. Penerima
Penerima adalah pihak yang menjadi sasaran pesan yang dikirim oleh sumber. Penerima bisa terdiri satu orang atau lebih, bisa dalam bentuk kelompok, partai atau negara.
Penerima biasa disebut dengan berbagai macam istilah, seperti khalayak, sasaran, komunikan, atau dalam bahasa Inggris disebut audience atau receiver. Dalam proses komunikasi telah dipahami bahwa keberadaan penerima adalah akibat karena adanya sumber. Tidak ada penerima jika tidak ada sumber.
Penerima adalah elemen penting dalam proses komunikasi, karena dialah yang menjadi sasaran dari komunikasi. Jika suatu pesan tidak ditenima oleh penerima, akan menimbulkan berbagai macam masalah yang seringkali menuntut perubahan, apakah pada sumber, pesan atau saluran.
Kenalilah khalayakmu adalah prinsip dasar dalam berkomunikasi. Karena mengetahui dan memahami karakteristik penerima (khalayak), berarti suatu peluang untuk mencapai keberhasilan. komunikasi.
e. Pengaruh
Pengaruh atau efek adalah perbedaan antara apa yang dipikirkan, dirasakan dan dilakukan oleh penerima sebelum dan sesudah menenima pesan. Pengaruh ini bisa terjadi pada pengetahuan, sikap dan tingkah laku seseorang (De Fleur, 1982). Karena itu, pengaruh bisa juga diartikan perubahan atau penguatan keyakinan pada pengetahuan, sikap dan tindakan seseorang sebagai akibat penerimaan pesan.
f. Tanggapan Balik
g. Lingkungan
Lingkungan atau situasi ialah faktor-faktor tertentu yang dapat mempengaruhi jalannya komunikasi. Faktor ini dapat digolongkan atas empat macam, yakni:
lingkungan fisik,
lingkungan sosial budaya,
lingkungan psikongis, dan
dimensi waktu.
Lingkungan fisik menunjukkan bahwa suatu proses komunikasi hanya bisa terjadi kalau tidak terdapat rintangan fisik, misalnya geografis. Komunikasi seringkali sulit dilakukan karena faktor jarak yang begitu jauh, di mana tidak tersedia fasilitas komunikasi seperti telepon, kantor pos atau jalan raya.
Lingkungan sosial menunjukkan faktor sosial budaya, ekonomi dan pohtik yang bisa menjadi kendala terjadinya komunikasi misalnya kesamaan bahasa kepercayaan, adat istiadat dan status sosial.
D. Tipe Komunikasi
Secara umum tipe-tipe komunikasi adalah :
Komunikasi Intrapersona.
Komunikasi Antarpersona
Komunikasi Publik
Komunikasi Massa
1. Komunikasi Intrapersona.
Komunikasi yang dilakukan oleh individu terhadap dirinya sendiri, dimana dia menerima, mengolah. menyimpan dan menghasilkan kernbali informasi yang didapatnya.
Tahap-tahap komunikasi intra persona,
Sensasi
Proses penangkapan stimuli atau rangsangan oleh panca indra manusia
Persepsi
Proses pemberian makna stimuli atau rangsangan yang didapat dan sensasi, persepsi dipengaruhi oleh kebutuhan, pengalaman masa lalu dan factor personal dari tiap individu.
Memori
Memori adalah proses menyimpan informasi dan memanggilnya kembali. Yaitu suatu sistem yg sangat berstruktur yang menyebabkan individu sanggup rnerekam fakta tentang dunia dan menggunakan pengetahuannya untuk membimbing perilakunya.
Memori mencakup tiga proses:
perekaman (encoding); pencatatan informasi
penyimpanan (storage); menentukan berapa lama informasi tsb ada didalam diri kita. dalam bentuk apa dan dimana. Penyimpanan ini bisa bersifat aktif maupun pasif:
Pemanggilan kembali (retrieval) penggunaan informasi yg disimpan
Dalam tahap ini terdapat 4 tahap:
pengingatan (recall)
pengenalan (recognition)
belajar kembali (relearning)
redintegrasi (redintegration); merekontruksi masa lalu melalui satu petunjuk kecil
Berfikir
Berpikir adalah merupakan aktivitas psikis yang intensional, dan terjadi apabila seseorang menjumpai problema (masalah) yang harus dipecahkan. Dengan demikian bahwa dalam berpikir itu seseorang menghubungkan pengertian satu dengan pengertian lainnya dalam rangka mendapatkan pemecahan persoalan yang dihadapi. Dengan mana, pengertian-pengertian itu merupakan bahan atau materi yang digunakan dalam proses berpikir. Dalam pemecahan persoalan individu membeda-bedakan, mempersatukan dan berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan : mengapa, untuk apa, bagaimana, di mana dan lain sebagainya.
Berpikir juga berarti memahami realita dalam rangka rnengambil keputusan (decision making), memecahkan persoalan (problem solving), dan menghasilkan sesuatu yang baru (creativity).
Salah satu yang mempengaruhi penafsiran kita terhadap suatu stimuli adalah berfikir, dimana didalamnya juga terdapat proses sensasi, persepsi, dan memori. Proses berfikir itu melibatkan penggunaan lambang-lambang, visual dan grafis.
Orang berflkir itu untuk:
memahami realita atau kenyataan yang ada dalam rangka pengambilan keputusan (decision making), pemecahan masalah (problem solving), dan untuk rnenghasilkan sesuatu yang baru (creativity).
memahami realita berarti menarik kesimpulan, meneliti berhagai kemungkinan penjelasan dan realitas secara eksternal dan internal.
Tiga macam berfikir:
1. Berfikir Deduktif
mengambil kesimpulan dari dua pernyataan, jika A benar, dan B benar, maka akan terjadi C, semua mahkluk pasti akan mati, anjing adalah rnahkluk, maka sernua anjing pasti akan mati
2. Berfikir Induktif
dimulai dan yg khusus, ambil kesimpulan umum lalu digeneralisasikan . Contoh : pejabat A melakukan korupsi, pejabat B juga terlibat korupsi, pejabat C di propinsi X pun tersandung korupsi, jadi kesimpulannya semua pejabat korupsi. Apakàh demikian ?
3. Bertikir Evaluatif
berfikir kritis, menilai baik buruknya sesuatu, tepat tidaknya suatu hal.
2. Komunikasi Antarpersona
Pada komunikasi antar persona terdapat pengaruh konsep diri pada perilaku manusia. Maksudnya adalah bagaimana anda memandang diri anda dan bagaimana orang lain memandang diri anda. Kesemuanya ini akan dipengaruhi pola interaksi anda dengan orang lain. Istilah komunikasi antarpersona disebut juga komunikasi sosial karena merujuk pada komunikasi yang dilakukan antar manusia atau antar individu atau terkait erat dengan hubungan antar manusia.
Komunikasi antapersona inenggunakan:
Bahasa baik secara lisan maupun tertulis
Isyarat -isyarat tubuh yang keluar pada waktu berkomunikasi
Tanda-tanda atau signal seperti bendera, sandi morse, lampu, dll
Gambar-gambar seperti grafik, peta, skema dll
Definisi:
“Antarpersona communication as the sending of message by one person and receiving of message by another person, of small group of persons with some effect and some immediate feedback”. (Joseph A. De Vito)
Komunikasi antarpersona melibatkan paling sedikit dua orang dalam pelaksanaannya. Maka komunikasi antarpersona juga disebut komunikasi diadik.
Perlu diingatkan dan ditekankan bahwa komunikasi intrapersona adalah dasar dari komunikasi antarpersona, karena tidak mungkin seseorang berbicara dengan orang lain tanpa dia terlebih dahu!u mengetahui dan mempertanyakan pada diri sendiri apa sebetulnya yang akan disampaikan kepada orang lain.
Kontek dari komunikasi :
konteks fisik
konteks sosial
konteks psikologis
konteks waktu
konteks budaya (tambahan)
Keefektifan dari komunikasi antarpersona terjadi apabila tujuan untuk mengubah pendapat, sikap dan tingkah laku komunikan dapat tercapai.
Hal-hal yang dapat membantu menciptakan komunikasi antar persona yang efektif :
Terimalah orang lain sebagaimana adanya, meskipun anda suka atau tidak. Dengan pertimbangan bahwa anda tidak dapat merubah nilai, tujuan, pendapat, dan perasaannya pada saat itu juga.
Harapkan dan undang orang lain untuk mengekspresikan perasaannya, tujuannya, nilai2 nya, keraguannya dll.
Ekspresikan reaksi anda sendiri dalam sikap dan tingkah laku
Jaga hubungan perasaan anda masing-masing dan buatlah komunikasi itu hanya berdasarkan atas rasa berkawan dan keramahan.
Jangan menilai secara kritis (jangan mengkritik) pandangan orang lain yang berbeda dan bertentangan dengan pandangan anda
Pandanglah secara keseluruhan sebagai suatu proses bersama untuk mencapai tingkat kebijaksanaan yang lebih tinggi dan mandiri.
De Vito juga mengemukakan bahwa ada
1. Keterbukaan (Openess)
2. Empati (Emphaty)
3. Dukungan (Supportiveness)
4. Rasa Positif (Positiveness)
5. Kesamaan (Equality.)
Makin tertarik kita kepada seseorang maka makin besar kecenderungan kita berkomunikasi dengan orang tersebut.
Faktor situasional yang mempengaruhi atraksi antarpersona:
daya tarik fisik (physical attractiveness)
ganjaran/penghargaan (reward)
tidak asing (familiarity)
kedekatan (proximity)
kemampuan (competence)
3. Komunikasi Publik
Komunikasi publik biasa disebut komunikasi pidato, komunikasi kolektif, komunikasi retorika, public speaking dan komunikasi khalayak (audience communication). Apa pun namanya, komunikasi publik menunjukkan suatu proses komunikasi di mana pesan-pesan disampaikan oleh pembicara dalam situasi tatap muka di depan khalayak yang lebih besar.
Komunikasi publik memiliki ciri komunikasi interpersonal (pribadi), karena berlangsung secara tatap muka, tetapi terdapat beberapa perbedaan yang cukup mendasar sehingga memiliki ciri masing-masing.
Dalam komunikasi publik penyampaian pesan berlangsung secara kontinu. Dapat diidentifikasi siapa yang berbicara (sumber) dan siapa pendengarnya. Interaksi antara sumber dan penerima sangat terbatas, sehingga tanggapan balik juga terbatas. Hal ini disebabkan karena waktu yang digunakan sangat terbatas, dan jumlah khalayak relatif besar. Sumber seringkali tidak dapat mengidentifikasi satu-per satu pendengamya.
Ciri lain yang dimiliki komunikasi publik bahwa pesan yang disampaikan itu tidak berlangsung secara spontanitas, tetapi terencana dan dipersiapkan lebih awal. Tipe komunikasi publik biasanya ditemui dalam berbagai aktivitas seperti kuliah umum, khotbah, rapat akbar, pengarahan, ceramah, dan semacamnya.
4. Komunikasi Massa
Terdapat berbagai macam pendapat tentang pengertian komunikasi
Dibandingkan dengan bentuk-bentuk komunikasi sebelumnya, maka komunikasi
Ciri lain yang dimiliki komunikasi
Pesan komunikasi
Selain dan itu, sifat penyebaran pesan melalui media
Jenis komunikasi yang ditujukan pada sejumlah khalayak yang tersebar heterogen, dan anonim melalui media
Komunikasi
Ditujukan pada orang banyak yang bersifat anonim dan heterogen - Wilbur Schramm
Karakteristik komunikasi
Kornunikasi
Pesan-pesan disiarkan secara umum (publicity), sering ditentukan waktunya untuk mencapai sebagian besar audiens nya secara simultan / serempak
Komunikatornya dikerjakan oleh suatu bentuk organisasi yang nienggunakan pembiayaan sangat besar.
Pesan-pesan dalam komunikasi
Media
E. Tujuan umum dari komunikasi.
Secara umum tujuan komunikasi adalah :
Perubahan sikap (attitude change)
Perubahan pendapat (opinion change)
Perubahan perilaku (behavior change)
Perubahan secara sosial (social change)
F. Kegagalan dalam komunikasi.
Kegagalan dalam komunikasi, biasanya terjadi karena komunikasi yang tidak sempurna. Penerima tidak mengerti sama sekali apa yang dimaksud oleh pengirim berita, atau mengerti hanya sebagian atau salah mengerti. Gangguan atau rintangan yang bisa menyebabkan kegagalan komunikasi pada dasarnya dapat dibedakan atas tujuh macam, yaitu:
Gangguan Teknis
Gangguan semantik
Gangguan psikologis
Rintangan fisik atau organik
Rintangan status
Rintangan kerangka berpikir
Rintangan budaya
Daftar pustaka :
Pengantar Ilmu Komunikasi …………. Prof.Dr.H.Hafield Cangara, MSc.
Pengantar Umum Psikologi …………..… DR. Sarlito Wirawan Sarwono.
0 komentar