I.         PENGERTIAN
Manajemen produktivitas adalah sebagai hasil yang  didapat dari produksi yang menggunakan satu atau lebih faktor produksi,  produktivitas biasanya dihitung sebagai indeks dan rasio antara output dengan  input.¹)
Pengertian  produktivitas, antara lain ²):
1.    Produktivitas  secara terpadu melibatkan semua usaha manusia dengan produktivitas mengandung pengertian sikap mental yang  selalu mempunyai pandangan bahwa kehidupan hari  ini harus lebih baik dari kemarin dan hari esok lebih baik dari hari ini.
2.    Produksi  dan produktivitas merupakan dua pengertian yang berbeda. Peningkatan produksimenunjukkan pertambahan  jumlah hasil yang dicapai, sedangkan peningkatan produktivitas mengandung pengertian pertambahan hasil dan  perbaikan cara produksi. Peningkatan produksi tidak  selalu disebabkan oleh peningkatan produktivitas,  karena produksi dapat meningkat walaupun  produktivitas tetap atau menurun.
3.    Peningkatan  produktivitas dapat dilihat dalam tiga bentuk :
a.    Jumlah  keluaran (output) dalam mencapai tujuan meningkat dengan menggunakan sumber daya (input) yang sama.
b.    Jumlah  keluaran (output) dalam mencapai tujuan sama atau meningkat dicapai dengan menggunakan  sumber daya (input) yang lebih sedikit.
c.    Jumlah  keluaran (output) dalam mencapai tujuan yang jauh lebih besar diperoleh dengan pertambahan sumber daya (input) yang  relatif lebih kecil.
4.    Sumber  daya manusia memegang peranan yang utama dalam proses peningkatan produktivitas, karena alat produksi dan  teknologi pada hakekatnya merupakan hasil karya manusia.
     
                 
¹) : Kohler’s Dictionary for accountant 1983 (dikutip oleh Mulyono, 1993)
²) : Menurut  Dewan Produktivitas Nasional RI yang dirumuskan pada tahun 1983
Produktivitas adalah keluaran (output) produk atau jasa  per setiap masukan (input) sumber daya yang digunakan dalam suatu proses  produksi. Tingkat ukur produktivitas sangat beragam bergantung kepada  kepentingan yang terkait. Produktivitas dapat dinyatakan dalam ukuran fisik  (physical productivity) dan ukuran finansial (financial productivity) apabila  kepentingan tersebut adalah keuntungan. Produktivitas dapat menggunakan ukuran  moneter sebagai tolak ukur. Apabila waktu menjadi kepentingan manajemen  produktivitas maka dapat menggunakan ukuran moneter sebagai tolak ukurnya.
“Dengan demikian dapat dikatakan bahwa manajemen produktivitas adalah bagaimana cara mengelola suatu usaha supaya lebih  efisien dalam penggunaan input untuk memaksimalkan produksi output (barang  dan/atau jasa), secara terpadu melibatkan semua usaha manusia dengan  menggunakan ketrampilan, modal,  teknologi, manajemen, informasi, energi, dan sumber-sumber daya lainnya, dengan tujuan untuk mencapai hasil yang telah ditetapkan”.
Manajemen produktivitas merupakan salah satu sasaran  penting suatu organisasi atau perusahaan / lembaga. Hal ini disebabkan karena  manajemen produktivitas dapat menunjang kesuksesan dan keberhasilan suatu  perusahaan / pemberi jasa untuk mencapai tujuan akhir yang telah ditentukan.
II.         TUJUAN  MANAJEMEN PRODUKTIVITAS.
Tujuan dari manajemen produktivitas adalah efektif dan  efisiensi, yaitu memberdayakan sumberdaya seminimal mungkin untuk mendapatkan  hasil yang maksimal.  Efektivitas  adalah merupakan derajat pencapaian output dari sistem produksi.  Efisiensi adalah ukuran yang menunjuk sejauh mana sumber-sumber daya digunakan  dalam proses produksi untuk menghasilkan output ¹). Jika  efektivitas berorientasi pada hasil atau keluaran (output) yang lebih  baik, dan efisiensi berorientasi  pada masukan (input) yang lebih sedikit, maka dalam manajemen produktivitas berorientasi  pada keduanya.
     
                 
¹) : Gasperzs,  th 1998, hal 14
III.         LANGKAH-LANGKAH  PENINGKATAN PRODUKTIVITAS
Tahapan peningkatan produktivitas yang komprehensif dan  terintegrasi ¹) :
1.    Analisa  situasi. 
Langkah awal manajemen produktivitas harus mampu  menganalisa situasi sebelum mengambil keputusan  ataupun mengambil tindakan yang akan  ditetapkan . Contoh : Pada sebuah RS, kunjungan pasien lagi menurun drastis  dari biasanya, maka tidak perlu menambah tenaga kerja / perawat baru.
2.    Merancang  program peningkatan produktivitas.
Untuk peningkatan produktivitas maka dibutuhkan pula  dasar program dengan rancangan yang tepat, efektif dan efisien. Contoh : Untuk  menambah kunjungan pasien rawat jalan disebuah RS, maka bisa dilakukan  langkah-langkah promosi, baik dilakukan melalui media iklan, maupun bisa  langsung melaksanakan program pemeriksaan gula darah gratis, khitanan gratis  dan lain sebagainya.
3.    Menciptakan  kesadaran akan produktivitas.
Kesadaran dari semua pihak yang terlibat dalam sebuah  perusahaan / lembaga, merupakan kunci penting untuk peningkatan produktivitas  seperti yang diharapkan. Contoh : Karyawan mematikan alat-alat listrik yang  tidak sedang digunakan, untuk menghemat energi dengan tujuan menghemat  pengeluaran biaya.
4.    Menerapkan  Program
Untuk meningkatkan produktivitas program sudah disusun  dan diputuskan, maka harus diimplementasikan dalam pelaksanaannya untuk  mencapai tujuan akhir. Contoh : Program peningkatan keterampilan SDM dengan  cara mengadakan berbagai pelatihan seperti tehnik infus bayi dan lain  sebagainya, dengan tujuan untuk peningkatan produktivitas.
5.    Mengevaluasi  program dan memberikan umpan balik 
 Untuk  menilai hasil akhir maka perlu dilakukan evaluasi program dengan memberikan  umpan balik. Contoh : Mengevaluasi hasil dari pelatihan tehnik infus bayi,  apakah perawat tersebut lebih profesional setelah mengikuti pelatihan  tersebut?
Untuk  menilai hasil akhir maka perlu dilakukan evaluasi program dengan memberikan  umpan balik. Contoh : Mengevaluasi hasil dari pelatihan tehnik infus bayi,  apakah perawat tersebut lebih profesional setelah mengikuti pelatihan  tersebut?
¹) :  Putti, 1989
  
IV.        Tujuh Kunci Produktivitas Tinggi. ¹)
1.    Keahlian, manajemen yang bertanggungjawab. Ikatan kritis antara manajemen perusahaan dengan produktivitas adalah saksi dalam definisi dasar produktivitas itu sendiri. Pada dasarnya, produktivitas adalah rasio antara keluaran (output ) dan masukan ( input ) yang bernilai, misalnya efisiensi dan efektivitas sumber- sumber daya yang tersedia, yaitu kepegawaian, alat, bahan, modal, fasilitas, energi dan waktu untuk mencapai keluaran yang sangat bernilai. Untuk mencapai produktivitas tinggi, setiap anggota manajemen harus diberi motivasi tinggi, positif dan secara penuh ikut melakukan pekerjaan. Secara bersama- sama, kesamaan sikap relative diperlukan untuk seluruh kekuatan kerja. 
2.    Kepemimpinan yang luar biasa. Dari semua factor, kepemimpinan manajerial memiliki pengaruh terbesar dalam produktivitas. Akhirnya, tujuan setiap organisasi bergantung pada kualitas kepemimpinan. Meskipun mudah dikenal, kepemimpinan sangat sulit didefinnisikan. Tidak ada dua gaya kepemimpinan yang sama – setiap gaya adalah unik bagi setiap individu, dan memang seharusnya demikian. Lebih lanjut, pemimpin yang baik dalam satu situasi mungkin saja bukan pemimpin yang baik dalam situasi yang lain. Demikian juga jenis pemimpin yang dibutuhkan secara khusus bergantung pada kelompok yang dipimpinnya. Meskipun demikian, kelompok yang sama masih dapat memerlukan jenis kepemimpinan lain pada saat berlainan dalam evolusinya. Sebagian manjer memiliki beberapa kemampuan kepemimpinan, tetapi hanya sedikit yang merupakan pemimpin luar biasa. 
3.     Kesederhanaan organisasional dan operasional. Susunan organisasi harus diusahakan agar sederhana, luwes dan dapat disesuaikan dengan perubahan, selalu berusaha mengadakan jumlah tingkat minimum yang konsisten dengan operasi yang efektif. Hal ini memberikan garis pengarahan lebih jelas, juga tanggung jawab yang kurang terpecah-belah dan sangat menunjang pengambilan inisiatif lebih besar oleh siapa saja dalam organisasi.
Kesederhanaan organisasional dan operasional. Susunan organisasi harus diusahakan agar sederhana, luwes dan dapat disesuaikan dengan perubahan, selalu berusaha mengadakan jumlah tingkat minimum yang konsisten dengan operasi yang efektif. Hal ini memberikan garis pengarahan lebih jelas, juga tanggung jawab yang kurang terpecah-belah dan sangat menunjang pengambilan inisiatif lebih besar oleh siapa saja dalam organisasi.  
¹) : Hughes, dikutip dari http://www.hrsdm.com  - 7 kunci produktivitas tinggi oleh : A. Dale Timpe
4.    Kepegawaian yang efektif. Sebagai langkah awal, banyak perhatian dicurahkan pada pemilihan orang – menekankan pada mutu dan bukan kuantitas. Menambah lebih banyak pegawai belum tentu berarti meningkatkan produktivitas. Dan sebelum mempekerjakan orang baru, seharusnya dipastikan dahulu bahwa yang ada sekarang sudah berkinerja menurut kemampuan. Standar untuk manajer dan personalia kunci khususnya harus tinggi. Jika kedudukan ini dipegang oleh orang yang kompeten, orang kompeten lain akan tertarik masuk ke dalam organisasi 
5.    Tugas yang menantang. Tugas merupakan kunci untuk proses yang kreatif dan produktif. Setiap individu mempunyai suatu suasana khusus kegiatan kreatif dan produktif yang tinggi. Akan tetapi, orang yang tepat harus disesuaikan dengan masalah yang tepat baginya. Pekerjaan itu sendiri harus memberikan motivasi. Hal ini terutama menjadi kunci ke proses yang kreatif/inovatif. Panduan optimal dari pekerjaan dan lingkungan kerja menciptakan suatu getaran dalam diri seseorang; kerja seakan- akan menjadi bermain saja. Sebaliknya, jika pekerjaan seseorang tidak memberi kepuasan kepadanya, ia seringkali akan mengalihkan perhatian dan energinya ke usaha pribadi di luar organisasi. Menurut definisi, jangan sekali- kali memberikan suatu tugas kepada orang yang mempunyai keterampilan yang dipersyaratkan; berikan tugas itu kepada orang yang menginginkannya dan senang melakukannya; dan jangan sekali- kali memberikan tugas, yang dalam keadaan lain, kita sendiri tidak akan mau menerima. 
6.    Perencanaan dan pengendalian tujuan. Perencanaan yang tidak efektif menyebabkan kebocoran besar dalam produktivitas, misalnya orang yang tidak tahu apa yang diharapkan dari mereka, tugas yang tidak satu fasa dengan tugas lain, kegiatan peripheral, pelaksanaan di atas atau di bawah kinerja, dan operasi yang sebesar- besarnya berhenti dan mulai lagi. Sebaliknya, perencanaan yang efektif meningkatkan produktivitas operasional, yaitu membantu memastikan penggunaan sumberdaya dengan sebaik- baiknya, memadukan semua aspek 
    
             
program ke dalam sesuatu yang efisien, upaya yang tepat, meminimalkan permulaan yang salah dan pelaksanaan usaha yang tidak produktif , menyediakan kelonggaran untuk risiko dan keadaan darurat pada masa depan dan meniadakan krisis manajemen yang berkelanjutan. Dengan cara yang sama, menjadi sangat penting untuk memantapkan system pengendalian yang efektif yang mengukur kemajuan terhadap rencana, menemukan penyimpanagn, menetapkan tanggungjawab, menunjukkan tindakan perbaikan dan memastikan bahwa kinerja yang tidak memenuhi standar ditingkatkan. 
7.      Pelatihan manajerial khusus. Manajemen jelas menjadi factor utama bagi produktivitas organisasi manapun, menjadi sangat penting bahwa organisasi berusaha mengembangkan suatu komitmen terhadap produktivitas dalam seluruh tim manajemennya, dan memberikan kepada anggota tim tersebut saran yang berguna untuk menerapkan usaha peningkatan produktivitas yang efektif dalam seluruh organisasi. 
    
             
BAB II.
HUBUNGAN PRODUKTIVITAS DAN MUTU PRODUK YANG DIHASILKAN : SISTEM ATAU SDM
Tiap perusahaan/ lembaga/institusi  akan mengukur produktivitas dan mutu berdasarkan keunikan tujuan dan sasarannya. Sebagai contoh, suatu perusahaan akan lebih fokus pada upaya-upaya pengembangan pangsa pasar sementara yang lain mungkin fokus pada pengurangan derajad kerusakan produk barang/jasa. Selain itu, mungkin ada pula yang akan memperbaiki dalam hal cara produksi, sedang yang lain fokus pada mengembangkan pemasaran hasil. Karena itu diperlukan diagnosis permasalahan. ¹)           
Untuk merancang suatu program perbaikan efektivitas keorganisasian sebuah institusi atau perusahaan, pertama kali harus menentukan sesuatu yang terjadi secara faktual apakah dalam hal produktivitas atau mutu produk(barang/jasa). Misalnya mungkin saja sebuah Rumah Sakit sedang mengalami penurunan pasien, yang menyebabkan penurunan keuntungan karena sedang menghadapi resesi ekonomi atau mungkin dengan sebab-sebab lain. Ukuran  dari kriteria kunci suatu mutu adalah syarat pokok untuk menilai suatu proses perbaikan. Intervensi produktivitas atau mutu seharusnya tidak diinisiasi tanpa  adanya kriteria  kunci ukuran yang handal dan absah.            
Banyak faktor yang menentukan  produktivitas dan mutu produk yang rendah. Faktor-faktor tersebut antara lain peralatan yang kuno, beban kerja yang tidak dapat diprediksi, arus kerja yang tidak efisien, rancangan pekerjaan tidak tepat, dan jarangnya kegiatan pelatihan dan pengembangan. Disamping itu adalah faktor-faktor intrinsik karyawan itu sendiri seperti tingkat pengetahuan, sikap,ketrampilan dan kemampuan serta motivasi. Semuanya dapat menyebabkan biaya produksi menjadi mahal.
    
             
¹) : Sjafri Mangkuprawira, http://ronawajah.wordpress.com
Kebanyakan strategi intervensi program perbaikan mengasumsikan bahwa faktor-faktor penyebab utama produktivitas dan mutu adalah kemampuan dan motivasi karyawan. Namun dari pengamatan di berbagai perusahaan /institusi, sekitar 80-85% dari masalah produktivitas dalam perusahaan /institusi adalah lebih karena faktor-faktor sistem daripada faktor manusia. Misalnya, ketidakberhasilan penerapan gugus kendali manajemen sangat ditentukan oleh kesalahan manajemen, dan pemeliharaan perlatan untuk pelaksanaan produksi  yang kurang. Implikasinya adalah perbaikan produktivitas dan mutu lebih banyak didasarkan pada sistemnya itu sendiri; tidak selalu dari unsur manusianya.            
 Namun demikian bukan berarti pula bahwa unsur manusia tidak menentukan produktivitas dan mutu produk. Sebagai pelaku produksi tentunya langsung dan tidak langsung dapat mempengaruhi produktivitas dan mutu. Perdebatan masih tetap berlangsung tentang faktor mana yang paling dominan, apakah sistem atau manusia. Karena itu kalau akan melakukan perbaikan produktivitas dan mutu, manajer harus melakukan analisis dan  pendekatan masalah yang spesifik di  perusahaan atau institusi tersebut.
Namun demikian bukan berarti pula bahwa unsur manusia tidak menentukan produktivitas dan mutu produk. Sebagai pelaku produksi tentunya langsung dan tidak langsung dapat mempengaruhi produktivitas dan mutu. Perdebatan masih tetap berlangsung tentang faktor mana yang paling dominan, apakah sistem atau manusia. Karena itu kalau akan melakukan perbaikan produktivitas dan mutu, manajer harus melakukan analisis dan  pendekatan masalah yang spesifik di  perusahaan atau institusi tersebut.     
BAB III.  KESIMPULAN
 Manajemen produktivitas adalah cara mengelola suatu usaha supaya lebih efisien dalam penggunaan input untuk memaksimalkan produksi output (barang atau jasa), secara terpadu melibatkan semua usaha manusia dengan menggunakan ketrampilan, modal, teknologi, manajemen, informasi, energi, dan sumber-sumber daya lainnya, dengan tujuan untuk mencapai hasil yang maksimal seperti target yang telah ditetapkan sebelumnya. Jadi, apabila manajemennya baik, maka hasil yang didapatkan juga baik, demikian juga sebaliknya.
      Manajemen produktivitas adalah cara mengelola suatu usaha supaya lebih efisien dalam penggunaan input untuk memaksimalkan produksi output (barang atau jasa), secara terpadu melibatkan semua usaha manusia dengan menggunakan ketrampilan, modal, teknologi, manajemen, informasi, energi, dan sumber-sumber daya lainnya, dengan tujuan untuk mencapai hasil yang maksimal seperti target yang telah ditetapkan sebelumnya. Jadi, apabila manajemennya baik, maka hasil yang didapatkan juga baik, demikian juga sebaliknya.
 Manajemen produktivitas mempunyai tujuan untuk mempemaksimalkan hasil produksi, baik barang maupun jasa, dengan cara memberdayakan sumberdaya se-efisien (minimal) mungkin untuk mendapatkan hasil yang se-efektif (maksimal) mungkin.
      Manajemen produktivitas mempunyai tujuan untuk mempemaksimalkan hasil produksi, baik barang maupun jasa, dengan cara memberdayakan sumberdaya se-efisien (minimal) mungkin untuk mendapatkan hasil yang se-efektif (maksimal) mungkin.  
 Dalam upaya peningkatan produktivitas, perlu diperhatikan langkah-langkah dalam meningkatkan produktivitas dan kunci-kunci untuk produktivitas tinggi, agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.
      Dalam upaya peningkatan produktivitas, perlu diperhatikan langkah-langkah dalam meningkatkan produktivitas dan kunci-kunci untuk produktivitas tinggi, agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.
 Dalam manajemen produktivitas, sistem dan sumber daya manusia sangat mempengaruhi mutu produk yang dihasilkan, apabila mutu sistem dan SDM nya sudah maksimal, maka akan mendapatkan mutu produk yang maksimal pula.
      Dalam manajemen produktivitas, sistem dan sumber daya manusia sangat mempengaruhi mutu produk yang dihasilkan, apabila mutu sistem dan SDM nya sudah maksimal, maka akan mendapatkan mutu produk yang maksimal pula.
    
             
 Manajemen Sumber Daya Manusia Di Rumah Sakit, Dr Santoso Soeroso, EGC Jakarta, 2002.
      Manajemen Sumber Daya Manusia Di Rumah Sakit, Dr Santoso Soeroso, EGC Jakarta, 2002.
 Tb. Sjafri Mangkuprawira, http://ronawajah.wordpress.com/
      Tb. Sjafri Mangkuprawira, http://ronawajah.wordpress.com/
 7 kunci produktivitas tinggi oleh : A. Dale Timpe  http://www.hrsdm.com
      7 kunci produktivitas tinggi oleh : A. Dale Timpe  http://www.hrsdm.com 


 
 



Terima kasih buat infonya.. saya sebagai mahasiswi Konstrasi ADP Perkantoran Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Manado sangat terbantu dengan postingan ini ... :) GBU^^
Terimakasih buat infonya saya mahasiswa fakultas ekonomi dan bisni universitas tadulako jurusan akuntansi sangat terbntu atas postingan ini ��
Manfaat strategis dan kelebihan ISO 9001:
Pelanggan yang telah ada maupun calon pelanggan yakin bahwa produk dan layanan Anda akan memenuhi harapan mereka.ISO 9001 mendorong praktek terbaik di seluruh organisasi agar memberikan kinerja yang berkualitas, sehingga menciptakan efisiensi biaya dan mengurangi komplain.ISO 9001 tidak menetapkan target dan tidak meminta Anda menghentikan kegiatan operasional yang tengah berlangsung.ISO 9001 memberikan Anda keunggulan kompetitif pada tender suatu pekerjaan, dimana biasanya juga menjadi salah satu persyaratan.Sertifikasi akan memberi Anda kemampuan untuk memberikan standar yang tinggi secara konsisten dalam praktek bisnis.Dengan ISO 9001 Anda akan memahami kebutuhan pelanggan dan mendapatkan umpan balik yang menjadi dasar untuk perbaikan secara terus menerus sehingga akan membedakan Anda dari para kompetitor.ISO 9001 mudah diintegrasikan dengan standar lainnya, baik yang dibuat oleh ISO maupun oleh industri sejenis lainnya.
Untuk konsultasi dan sertifikasi ISO 9001 hubungi kami
www.isokonsultindo.com